ifLah Calender

Sabtu, 14 Januari 2012

cara memperkenalkan Diri "Bahasa Korea"



Memperkenalkan diri dimulai dengan "mengucapkan salam" kalian bisa mengucapkannya seperti ini :

- Annyeong chingudeul  (hi/selamat pagi/siang/sore/malam teman-teman). Salam ini dipakai kalau kita memperkenalkan diri ke teman-teman yg seumuran.
 Annyeonghaseyo yeorobun (hi/selamat pagi/siang/sore/malam semua). Salam ini dipakai kalau kita memperkenalkan diri ke orang-orang yg tidak seumuran.
- Kalian juga bisamengucapkannya dengan kata "annyeong" atau "annyeonghaseyo" saja

Keterangan : Kata `yo` biasanya ditambahkan dibelakang beberapa kata untuk membuat kata menjadi lebih sopan. Korea itu negara yang sangat mementingkan kesopanan, makanya ketika berbicara dgn seseorang yang lebih tua tambahkan kata ´yo´ dikata-kata tertentu. Contohnya : annyeonghaseyo, mianhaeyo. Dll.

Dalam perkenalan diri ada yg namanya opening kan ? untuk opening perkenalan diri dalam bhs korea, kalian bisa mengatakan :

- Jeoneun sogae hagasseumnida (saya akan memperkenalkan diri)
- Jeoreul sogae hamnida  (saya memperkenalkan diri)

Yang pertama kita perkenalkan pastinya nama. Ehmm, untuk perkenalin nama kalian bisa menggunakan :

-          Jeoneun ..... imnida ( saya ....... )

-          Jeoneun ......-rago hamnida ( saya dipanggil dengan ….)

-          Je iremeun …… imnida ( nama saya adalah ...... )

Keterangan : titik-titiknya kalian isi sendiri dengan nama kalian.

Lanjut ke perkenalin umur dan tanggal lahir. Kata-kata yang bisa dipakai :

Untuk umur :
-  Jeoneun .... sal imnida ( umur saya ... )

Untuk tanggal lahir :
 Sangireun .... nyeon ... wol …. Il imnida ( Ulang tahun saya tanggal …. Bulan .... tahun .... )

Keterangan :
§     Yang titik-titik diisi pakai umur dan tanggal lahir
§     Umur umumnya menggunakan angka asli korea tapi bisa juga menggunakan angka sino korea. Penulisan tanggal lahir dikorea menggunakan angka sino korea.  Angka-angka korea bisa dilihat dicatatan yang dibawah
§     Cara penulisan tanggal lahir dikorea menggunakan urutan : tahun, bulan, dan tanggal.

Contoh :
§     Jeoneun net yeoseot sal imnida (umur saya 14 tahun)
§     Sangireun cheon-gu-baek-chil.sip.yuk nyeon chil-wol  sam-sip il imnida ( ulang tahun saya tanggal 30 bulan Juli                 1976 )

Sekarang ke profesi atau pekerjaan
Untuk yang udah bekerja :
-          Jeoneun … ( saya seorang …. )
-          Jeoneun ilnyeon …… ilhaesseoyo ( saya bekerja di …. )

Keterangan :
§     Untuk nama pekerjaan atau kalian seorang pelajar bisa kalian lihat dicatatan yang dibawah..
Contoh :
§     Jeoneun godeunghakyo haksaeng ( saya seorang siswa/siswi SMA)
§     Jeonenun songsaenim. Jeoneun ilnyeon Tunas bangsa junghakkyo ilhaesseyo ( saya seorang guru. Saya bekerja di SMP Tunas bangsa)
Sekarang memperkenalkan anggota keluarga :
-          Nae Aboji iremeun ...... imnida ( nama ayah saya adalah .... )

2 komentar:

azmieazmie 'azmie' mengatakan...

namaku jadi aneh jal >,<

if Lah mengatakan...

wkwk, emng.y nama u apa dek? :D